Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Advertisement
Senin, 11 Maret 2024, 14.13 WIB
Last Updated 2024-03-11T21:13:41Z
EdukasiInspirasi

Kausa prima atau "causa prima" adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin

Advertisement

 Kausa prima atau "causa prima" adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai "penyebab utama" atau "penyebab pertama". Istilah ini digunakan dalam berbagai konteks, terutama dalam filsafat dan teologi.

Dalam filsafat, istilah "kausa prima" merujuk pada konsep tentang adanya suatu entitas atau kekuatan yang menjadi penyebab utama dari segala sesuatu yang ada di alam semesta. Istilah ini sering digunakan dalam konteks argumen kosmologis atau argumen tentang asal usul alam semesta. Konsep ini menimbulkan pertanyaan tentang asal mula atau sumber dari segala sesuatu yang ada, dan keterkaitannya dengan konsep Tuhan atau entitas tertinggi lainnya dalam beberapa tradisi filsafat atau kepercayaan agama.

Dalam konteks teologi, istilah "kausa prima" sering digunakan untuk merujuk kepada Tuhan sebagai sumber atau penyebab utama dari segala sesuatu yang ada. Ini berkaitan dengan konsep keberadaan Tuhan sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta.

Kesimpulannya, kausa prima adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada konsep tentang penyebab utama atau asal mula segala sesuatu yang ada, baik dalam konteks filsafat maupun teologi.