Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Advertisement
Senin, 11 Maret 2024, 10.06 WIB
Last Updated 2024-03-11T17:06:08Z
Edukasi

beberapa hadis yang menggambarkan pahala dari Memberi makan orang yang berpuasa

Advertisement

 Memberi makan orang yang berbuka puasa adalah amal kebajikan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berikut adalah beberapa hadis yang menggambarkan pahala dari perbuatan tersebut:

  1. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa memberi makan seorang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun." (HR. At-Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ibnu Hibban)

  2. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang berpuasa, dan tidak akan mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun." (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari hadis-hadis di atas, dapat dipahami bahwa memberi makan orang yang berbuka puasa memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT. Pahala tersebut sama dengan pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun. Ini menunjukkan pentingnya berbagi rezeki dan membantu sesama, terutama dalam bulan Ramadan yang penuh berkah. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk berbuat kebaikan dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.